Bupati Pulang Pisau, selaku Ketua Gugus Tugas Covid-19, H. Edy Pratowo melakukan jumpa pers Gugus Tugas Corona Virus Disease (Covid-19) terkait informasi perkembangan penyebaran serta penanganan Covid-19 Kabupaten Pulang Pisau, bertempat di Aula Mess Pemda Pulang Pisau, Kamis (9/4/2020).

Bupati Pulang Pisau mengatakan untuk informasi perkembangan penyebaran Covid-19 saat ini  bahwa Pasien dalam Pengawasan (PDP) Kabupaten Pulang Pisau bertambah menjadi 3 orang yang sebelumnya hanya ada 1 orang, Orang Dalam Pemantauan (ODP) per hari ini berjumlah 21 orang serta Orang Tanpa Gejala (OTG) ada 1 orang.

Ia juga menyampaikan bahwa pihak Pemkab Pulang Pisau melalui Dinas Kesehatan melakukan deteksi dini Covid-19 kepada karyawan PLTU Pulang Pisau, serta melakukan pengecekan secara rutin arus mobilitas di pintu perbatasan Kabupaten Pulang Pisau dan Kabupaten Kapuas di Pos Lapangan (PosLap) Desa Mintin serta pintu perbatasan Kabupaten Pulang Pisau dan Kota Palangka Raya di Poslap Desa Gohong.

“Untuk 2 orang yang berstatus PDP kita telah rujuk ke Rumah Sakit Dorys Silvanus di Palangkaraya, serta kita melakukan pengecekan rutin di titik-titik perbatasan Kabupaten Kita dengan daerah lain agar dapat mengontrol dan mendeteksi arus pergerakan manusia di daerah kita,” ucap Edy.

Pihak kita juga telah melakukan test menggunakan Rapid Test kepada para ODP di Desa Tahai Kecamatan Pandih Batu dan hasilnya cukup memuaskan dan melegakan bahwa mereka semua tidak terindikasi paparan penyebaran Covid-19.

Edy Pratowo berharap semua pihak terkait tetap melakukan kegiatan sosialisasi kepada masyarakat dan menghimbau masyarakat untuk tidak melakukan aktifitas keramaian dulu, seperti kita tahu kita akan memasuki bulan suci Ramadhan, kita pemerintah daerah akan mengkaji lagi imbauan dari Kemenag dan MUI mengenai edaran pelaksanaan acara keagamaan di bulan ramadhan ini.

Kepada masyarakat agar tetap disiplin menjaga kesehatan, berdoa dan jangan panik dalam menghadapi wabah covid-19 ini, kita bersama-sama bisa menghadapi nya dengan segala daya dan upaya, ungkapnya.