Jumlah Pasien Dalam Pengawasan (PDP) hingga sampai saat ini bertambah 1 orang, sehingga jumlah PDP di Kabupaten Pulang Pisau meningkat menjadi 5 orang yang mana sebelumnya masih 4 orang.

Sementara Orang Dalam Pemantauan (ODP) turun 1 orang dari jumlah sebelumnya, yakni 16 orang menjadi 15 orang. Selanjutnya Orang Tanpa Gejala (OTG) masih tetap, yakni 1 orang, dan untuk yang positif masih nihil.

“Jadi untuk hari ini ada penambahan 1 orang PDP dari Kecamatan Kahayan Tengah,” kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pulang Pisau selaku juru bicara gugus tugas covid-19 Kabupaten Pulang Pisau, dr Mulyanto, Minggu (12/4/2020) bertempat diruang rapat posko gugus tugas covid-19.

Dr Mulyanto menjelaskan tambahan PDP 1 orang ini menurut informasi ada melakukan perjalanan ke luar daerah dari tanggal 22 Maret 2020 hingga 30 Maret 2020, yakni kota tujuan Jakarta dan Kerawang, dan pada tanggal 30 Maret 2020 sudah kembali ke Palangka Raya Provinsi Kalimantan Tengah, mengantar anaknya yang akan berangkat ke Jepang.

“Jadi cukup lama perjalanan, sehingga ada kontak langsung. Tanggal 30 Maret datang dan tanggal 31 Maret kembali ke Kahayan Tengah,” jelasnya.
Selanjutnya tanggal 6 April 2020 yang bersangkutan sakit, ada mual dan pusing, akhirnya di rawat di RS Bhayangkara Palangka Raya, dan baru kemarin ditetapkan PDP, kata Mulyanto.

” Penetapan PDP ini sudah melalui repid tes. Dan kondisi dari PDP ini sangat serius, karena tekanannya cukup tinggi dan ada hipertensi dengan kondisi ada mual dan pusing,” ungkapnya

Terkait dengan telah ditetapkan Transmisi lokal di Palangka Raya tadi pagi, dan langkah akan dilakukan dalam mencegah penyebaran virus covid-19, hari Senin 13 April 2020, dijadwalkan Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 akan menggelar rapat yang di pimpin oleh Ketua Gugus Tugas yang juga Bupati Pulang Pisau H. Edy Pratowo