Seusai Rapat Koordinasi melalui Video Conference yang digelar secara langsung oleh kementerian Sosial bersama gubernur, Bupati/walikota, kepala Dinas Sosial Provinsi, Kepala Dinas Sosial Kabupaten/Kota se Kalimantan di Aula Mess Pemda Pulang Pisau, Kamis (16/4/2020).

Bupati Pulang Pisau, H. Edy Pratowo menyampaikan agar Pemerintah Desa/Kelurahan melalui RT untuk aktif melakukan pendataan pada warganya yang dianggap miskin atau keluarga yang secara ekonomi terdampak akibat covid-19.

ini merupakan hasil dari pelaksanaan rapat koordinasi Bantuan Sosial Tunai (BST) dengan kementerian sosial guna membantu masyarakat miskin atau yang terdampak covid-19, bantuan ini nantinya akan diserahkan kepada masyarakat penerima bantuan sebesar Rp600.000 per keluarga/perbulan untuk tiga bulan, jelasnya.

Data calon penerima bantuan diharapkan benar-benar data yang diperoleh dari usulan kades/Lurah bersumber data dari RT yang mengacu pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

Untuk saat ini Pemerintah Kabupaten Pulang Pisau melalui Dinas Sosial telah menerima data usulan calon penerima bansos sejumlah 16.801 Kepala Keluarga dari delapan kecamatan. Data tersebut akan segera ditandatangani Bupati Pulang Pisau dan segera diajukan kepada Pemerintah Provinsi Kalimantan Tengah, ungkap H. Edy Pratowo.

Diharapkan tidak terjadi tumpang tindih penerima bantuan baik itu bantuan yang diberikan oleh kementerian, provinsi maupun kabupaten, oleh karena itu diminta agar data tersebut dapat disinkronkan terlebih dahulu.

Selain itu, pemerintah kabupaten juga menyiapkan bantuan sebagai antisipasi untuk masyarakat yang masih belum terdata, supaya sama sama mendapatkan bantuan, sehingga tidak terjadi kecemburuan sosial.

Bupati Pulang Pisau juga menambahkan Bantuan dari Pemerintah Provinsi Kalteng saat ini masih dalam proses mekanisme, jadi belum didapat informasi pastinya apakah bantuan tersebut berupa uang tunai atau sembako.