Kepala Dinas Kesehatan Selaku juru bicara gugus tugas percepatan penanganan covid-19 Kabupaten Pulang Pisau, dr Mulyanto Budihardjo melalui jumpa pers seusai mengikuti vicon dengan kemendagri, Jumat (17/4/2020) bertempat di Aula mess Pemda Pulang Pisau menyampaikan beberapa cara aman untuk melakukan pencegahan penyebaran covid-19.

Yang utama kita harus patuhi anjuran Pemerintah yaitu dengan menerapkan sosial distancing yaitu kita harus bisa melakukan pembatasan sosial yang artinya hindari keramaian, kerumunan masa, ucapnya.

Selanjutnya, physical distancing yaitu jaga jarak antara satu dengan yang lainnya. Dengan menerapkan physical distancing ketika beraktivitas di luar ruangan atau tempat umum, kita sudah melakukan satu langkah mencegah terinfeksi virus corona

Selalu cuci tangan sebelum maupun sesudah beraktifitas, baiknya menggunakan sabun dan air mengalir apabila hal tersebut tidak tersedia gunakan pembersih tangan atau hand sanitizer.

Diam dirumah juga sangat penting,
dengan tidak keluar rumah alias tetap berada di dalam rumah, akan meminimalisir Anda untuk terjangkit virus corona, ujar dr Mul sapaan akrabnya.

dr Mulyanto juga menyampaikan secara tegas agar masyarakat selalu menggunakan masker saat beraktifitas diluar maupun saat bepergian.

Dengan kita menggunakan masker saat keluar ini merupakan salah satu untuk menjaga diri kita maupun orang lain agar tidak menularkan covid-19 melalui batuk ataupun bersin.

Hindari tangan kita untuk tidak menyentuh mata, mulut dan hidung, karena melalui tangan yang menyentuh sesuatu apapun dapat menempelkan virus pada tangan kita lalu menularkan melalui mata, mulut bahkan hidung.

Harapannya masyarakat bisa mengikuti anjuran anjuran yang diberikan pemerintah, karena dengan kita mematuhi dan melaksanakan anjuran tersebut secara perlahan kita dapat memutus rantai penyebaran covid-19, khususnya di Kabupaten Pulang Pisau.