Kabar baik untuk penanganan covid-19 di Kabupaten Pulang Pisau hari ini, 6 OTG dari Kecamatan Jabiren Raya telah selesai masa karantina, dan 2 ODP dari Kecamatan Kahayan Hilir juga selesai masa pemantauannya. Demikian disampaikan Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pulang Pisau, dr. Muliyanto Budihardjo, M.Hlth.Sc. dalam Rapat Analisa dan Evaluasi (Anev) di Posko Gugus Tugas Covid-19 Gedung PSC 119 Pulang Pisau, Sabtu (02/05/2020).

“Untuk OTG 6 orang dari Desa Jabiren telah menjalani 2 kali swab, dan hasilnya negatif, jadi untuk OTG hari ini berkurang 6 orang, namun hari ini juga ada penambahan 2 OTG, yaitu 2 orang dari Kelurahan Pulang Pisau, sehingga total OTG hari ini ada 100 orang, selesai pemantauan 26 orang”, jelas dr. Mul.

Sebaran OTG, Kec. Banama Tingang ada 3 orang (Desa Bawan 3 orang), Kec. Kahayan Hilir ada 46 orang (Desa Mentaren II 39 orang, Desa Mentaren I 4 orang, Desa Anjir Pulang Pisau 1 orang, Kel. Pulang Pisau 2 orang), Kec. Maliku ada 24 org (Desa Garantung 21 orang, Desa Maliku Baru 2 orang, Desa Gandang 1 orang), Kec. Pandih Batu ada 13 orang (Desa Pangkoh Hulu 8 orang dan Desa Pangkoh Sari 5 orang), Kec. Kahayan Tengah 14 orang (Desa Sigi 6 orang, Desa Bukit Rawi 7 orang, Desa Tuwung 1 orang). Adapun selesai OTG berjumlah 26 orang, dari Desa Jabiren 6 orang, Desa Tahai Jaya 18 orang dan Desa Gohong 1 orang dan 1 orang dari Desa Garantung karena menjadi PDP.

Untuk ODP hari ini berkurang 2 orang karena telah selesai masa pemantauannya, yaitu 1 orang dari Desa Kalawa dan 1 orang dari Desa Mentaren I Kecamatan Kahayan Hilir. Sebelumnya berjumlah 7 orang dan sekarang menjadi 5 orang. Sebaran ODP, Kec. Kahayan Hilir 4 orang dan Kec. Sebangau Kuala 1 orang. Total ODP selesai pemantauan ada 37 orang, dari Kec. Kahayan Hilir 14 orang, Kec. Pandih Batu 4 orang, Kec. Maliku 12 orang, Kec. Sebangau Kuala 3 orang, Kec. Kahayan Tengah 1 orang, Kec. Banama Tingang 2 orang, dan 1 orang dari Kec. Kahayan Kuala.

Lebih lanjut dr. Mul mengatakan, hari ini PDP masih tetap berjumlah 2 orang, dengan sebaran 1 orang dari Desa Garantung Kec. Maliku, dan 1 orang dari Desa Tahawa Kec. Kahayan Tengah, Kedua orang PDP tersebut saat ini masih menjalani isolasi dan perawatan di RSUD Dorys Silvanus Palangka Raya.

Sedangkan Positif covid-19 ada 5 orang, 1 orang positif telah sembuh dari Desa Bawan Kec. Banama Tingang, 1 orang dari Desa Sigi Kec. Kahayan Tengah, 1 orang dari Desa Pangkoh Hulu Kec. Pandih Batu, 1 orang dari Desa Garantung Kec. Maliku, dan 1 orang dari Desa Mentaren II Kec. Kahayan Hilir. Positif Covid-19 yang belum sembuh dan masih dalam perawatan di RSUD Dorys Silvanus Palangka Raya ada 4 orang, pungkas dr. Mul.