Penanganan pandemi Covid-19 di Kabupaten Pulang Pisau menunjukkan pertanda baik, dimana jumlah Orang dalam Pemantauan (ODP) stabil dan cenderung menurun. Demikian disampaikan Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pulang Pisau, dr. Muliyanto Budihardjo, M.Hlth.Sc. dalam Rapat Analisa dan Evaluasi (Anev) di Posko Gugus Tugas Covid-19 Gedung PSC 119 Pulang Pisau, Minggu (03/05/2020).

Hari ini ODP berkurang 3 orang lagi, hal ini dikarenakan3 orang tersebut telah selesai masa pemantauannya, sehingga ODP hari ini tersisa 2 orang dari sebelumnya (kemarin) berjumlah 5 orang. Ketiga ODP yang telah selesai masa pemantauannya tersebut berasal dari Kelurahan Pulang Pisau sebanyak 3 orang.

“Tentu ini menjadi kabar baik dalam penanganan covid-19 ditempat kita, karena sudah lebih dari seminggu ini ODP kita cenderung berkurang, saat ini ODP kita 2 orang, selain ODP yang cenderung menurun, ada juga 1 orang pasien positif covid-19 yang juga telah sembuh, ini pertanda baik dan menjadi optimisme kita, semoga dengan sinergi dan kerjasama semua pihak pandemi covid-19 ini bisa kita tangani dan segera berakhir,” ungkap dr. Mul.

Berdasarkan data di Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pulang Pisau, pada Senin 20 April 2020 yang lalu ODP berjumlah 10 orang, dan pada hari ini (Minggu 3 Mei 2020) jumlah ODP tinggal 2 orang, jadi sudah 2 minggu terakhir ini ODP di Kabupaten Pulang Pisau tidak bertambah dan bahkan cenderung berkurang.

Kalaupun ada OTG (Orang Tanpa Gejala) bertambah, menurut dr. Mul itu hal yang wajar dalam situasi pandemi covid-19 seperti saat ini. Seperti diketahui, bahwa OTG ini merupakan orang yang tidak bergejala dan memiliki risiko tertular dari orang positif COVID- 19 yang dikarenakan baru datang dari wilayah yang terjangkit corona virus, atau orang yang ada kontak erat dengan kasus positif COVID-19.

Terkait update covid-19 Kabupaten Pulang Pisau, Jubir Gugus Tugas, dr. Mul mengatakan, hari ini ada penambahan OTG 2 orang, sehingga total OTG menjadi 102 orang, sedangkan jumlah OTG yang selesai pemantauan ada 26 orang. Penambahan OTG tersebut berasal dari Kecamatan Kahayan Hilir, yakni Kelurahan Pulang Pisau 1 orang dan Desa Mentaren II 1 orang.

Total ODP hari ini ada 2 orang dengan sebaran, Kecamatan Kahayan Hilir dari Kelurahan Pulang Pisau 1 orang, dan Kecamatan Sebangau Kuala dari Desa Sebangau Mulya 1 orang. Untuk total PDP (pasien Dalam Pengawasan) ada 2 orang, dengan sebaran 1 orang dari Desa Garantung Kec. Maliku, dan 1 orang dari Desa Tahawa Kec. Kahayan Tengah, Kedua orang PDP tersebut saat ini masih menjalani isolasi dan perawatan di RSUD Dorys Silvanus Palangka Raya.

Sedangkan Positif covid-19 ada 5 orang, dengan sebaran 1 orang dari Desa Bawan Kec. Banama Tingang, 1 orang dari Desa Sigi Kec. Kahayan Tengah, 1 orang dari Desa Pangkoh Hulu Kec. Pandih Batu, 1 orang dari Desa Garantung Kec. Maliku, dan 1 orang dari Desa Mentaren II Kec. Kahayan Hilir. Positif Covid-19 sembuh 1 orang (dari Desa Bawan), dan positif covid-19 dalam perawatan RSUD Dorys Silvanus Palangka Raya ada 4 orang.

Tim Gugus Tugas Covid-19 hari ini juga telah melakukan pemeriksaan dini berupa screening terhadap 15 orang tenaga kerja di PLTU Buntoi-Pulang Pisau, 15 orang yang di screening tersebut berasal dari Pontianak, Kalimantan Barat, pungkas dr. Mul.