Menjawab sejumlah pertanyaan dan kekhawatiran masyarakat, Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kab. Pulang Pisau, dr. Muliyanto Budihardjo, Mh.Hlth.Sc menjelaskan bahwa Pasien Dalam Pengawasan (PDP) yang dirawat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pulang Pisau (Pulpis) dipastikan dirawat digedung terpisah dari pasien umum lainnya dan ditangani oleh tim perawat dan dokter tersendiri pula, sehingga masyarakat tidak perlu khawatir dan takut untuk berobat ke RSUD Pulang Pisau. Penjelasan ini disampaikan dr. Mul dalam Rapat Analisa dan Evaluasi (Anev) di Posko Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kab. Pulang Pisau Gedung PSC 119 Pulang Pisau, Selasa (05/05/2020).

Tim medis yang merawat PDP juga selalu dilengkapi dengan Alat Pelindung Diri (APD) lengkap, sehingga terlindungi dan terminimalisir dari paparan covid-19. Bahkan nantinya akan ditempatkan petugas khusus untuk jaga dan dibuat papan informasi covid-19 sehingga masyarakat mengetahui dan tidak masuk ke area perawatan PDP tersebut.

“Memang, seharusnya PDP ini di rujuk ke rumah sakit rujukan covid-19 RSUD Dorys Silvanus Palangka Raya tapi karena disana sudah penuh, maka untuk sementara ini kami rawat di RSUD Pulpis dulu, karena nantinya akan kami pindahkan juga ke tempat perawatan khusus Covid-19 di gedung Kristian Center Pulang Pisau,” jelas dr. Mul.

Saat ini gedung Kristian Center masih dalam penyiapan sarana dan prasarana, termasuk penyiapan ranjang pasien dan pemasangan pendingin ruangan (AC), diperkirakan akhir minggu ini sarana prasarana tersebut lengkap dan bisa ditempati untuk isolasi dan perawatan pasien covid-19.

Lebih lanjut dr. Mul, mengatakan, update covid-19 Kabupaten Pulang Pisau, hari ini 1 orang ODP (Orang Dalam Pemantauan) selesai masa pemantauannya yaitu dari Desa Sebangau Mulya Kecamatan Sebangau Kuala. Untuk Orang Tanpa Gejala (OTG) hari ini ada penambahan 1 orang dari Desa Garantung Kecamatan Maliku. Sedangkan selesai OTG ada 2 orang dari Desa Bawan Kecamatan Banama Tingang. Untuk PDP ada 3 orang, dan positif covid-19 ada 5 orang, sembuh 1 orang.

Pada hari ini, tim gugus tugas covid-19 juga telah melakukan pemeriksaan terhadap 10 orang OTG yang berkaitan dengan kasus positif covid-19 Palangka Raya, sudah dilakukan rapid test dan hasilnya negatif, kata dr. Mul.