Akhirnya gedung Kristian Center selesai dipersiapkan dan sudah bisa difungsikan sementara sebagai rumah singgah / rumah karantina covid-19 Pulang Pisau, dan begitu selesai langsung digunakan untuk menampung satu orang PDP (Pasien Dalam Pengawasan) baru asal Bahaur. Hal ini disampaikan Juru Bicara (Jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pulang Pisau, dr. Muliyanto Budihardjo, M.Hlth.Sc dalam rapat analisa dan evaluasi (anev) di Posko Gugus Tugas Covid-19 Gedung PSC 119 Pulang Pisau, Sabtu (09/05/2020).

Dikatakan dr. Mul, PDP baru tersebut dijemput tim gugus di rumahnya, Desa Bahaur Hulu Permai Kecamatan Kahayan Kuala, dan sore tadi pasien tersebut sudah tiba di Pulang Pisau, dan langsung ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pulang Pisau untuk menjalani pemeriksaan rontgen.

“Selanjutnya PDP baru asal Bahaur ini akan dibawa ke Rumah Singgah Covid-19 Kristian Center Pulang Pisau, untuk menjalani isolasi dan perawatan medis, dia merupakan pasien pertama yang menempati rumah singgah covid ini,” jelas dr. Mul.

Diakui dr. Mul, dalam beberapa waktu terakhir ini tim gugus tugas bersama dinas teknis dan pihak terkait terus saling berkoordinasi dalam upaya merampungkan kesiapan Gedung Kristian Center untuk bisa segera digunakan sementara sebagai rumah singgah / rumah karantina covid-19 Kabupaten Pulang Pisau.

Terkait satu orang PDP asal Bahaur, dr. Mul menjelaskan, sebelum ditetapkan dalam PDP, tim medis dari puskesmas setempat telah melakukan rapid tes, dan hasilnya reaktif. Oleh karena itu kami langsung mengambil tindakan sesuai protokol kesehatan yang berlaku dalam upaya pencegahan penyebaran covid-19, meski pasien tersebut belum dipastikan positif covid-19.

“Kembali kami tegaskan, reaktif itu bukan berarti positif corona virus, tapi itu merupakan diagnosa awal untuk mengetahui imunitas tubuh seseorang, untuk mengetahui seseorang positif terpapar corona virus itu diperlukan tes lanjutan yaitu dengan tes swab, jadi kami mohon masyarakat tetap tenang dan jangan panik,” harap dr. Mul.

Dengan adanya 1 orang PDP baru asal Desa Bahaur Hulu Permai Kecamatan Kahayan Kuala, maka total PDP hari ini menjadi 4 orang, 2 orang sedang menjalani perawatan di RSUD Dorys Silvanus Palangkaya, 1 orang dirawat di RSUD Pulang Pisau, dan 1 orang lagi dirawat di Rumah Singgah Covid-19 Kristian Center Pulang Pisau.

Sedangkan untuk positif covid-19 tidak mengalami penambahan maupun pengurangan, masih 5 orang, satu orang diantaranya telah sembuh, dan 4 orang masih dalam perawatan di RSUD Dorys Silvanus Palangka Raya.

Sementara itu, Koordinator Bidang Operasi Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pulang Pisau, yang juga Perwira Penghubung Kodim 1011 Kuala Kapuas di Pulang Pisau, Mayor Inf. Mulyadi mengatakan, dengan difungsikannya Gedung Kristian Center sebagai Rumah Singgah Covid-19, maka akan ditempatkan personil bidang operasi untuk melakukan penjagaan di rumah singgah tersebut.