Koordinator Bidang Operasi Gugus Tugas Penangangan Covid-19 Kabupaten Pulang Pisau (Pulpis) yang juga Perwira Penghubung (Pabung) Kodim 1011/KLK, Mayor Inf. Mulyadi mengatakan meski masih cukup ramai, aktivitas Pasar Minggu Maliku di Kecamatan Maliku berkurang, tidak seperti pada minggu-minggu sebelumnya.

“Kemarin kami sudah kesini, alhamdulillah usaha tim kami cukup lumayan, seperti kata pak camat, parkiran kendaraan di jalan biasanya penuh, sekarang terlihat berkurang separo lebih,” kata Mayor Inf. Mulyadi usai melakukan pemantauan di Pasar Minggu Maliku, Minggu (17/05/2020).

Dikatakan Mulyadi, Sabtu kemarin (16/05/2020) timnya bersama pihak kecamatan setempat mendatangi pasar minggu tersebut untuk memetakan situasi, sosialisasi dan melakukan penyemprotan disinfektan. Pihaknya juga menghalau para pedagang dari luar kota yang berada di pelabuhan penurunan barang dan simpang tiga Maliku.

“Kami mengingatkan kepada para pedagang dan pengunjung pasar, betapa bahayanya covid-19, kami himbau agar selalu pakai masker, physical distancing, selalu cuci tangan dengan sabun, dan menerapkan pola hidup bersih dan sehat,” ujarnya.

Selain himbauan dan sosialisasi, pada kesempatan tersebut tim gugus juga membagikan masker kain kepada sejumlah pengunjung pasar yang kedapatan tidak menggunakan masker.

Dalam operasi tersebut, Pabung didampingi Kalaksa BPBD Salahudin, Kasatpol PP Hans Kenedison, Camat Maliku Teras, serta sejumlah pihak terkait.