Sebagai upaya pencegahan dan deteksi dini dalam rangka memutus mata rantai penyebaran covid-19 di Kabupaten Pulang Pisau, Tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 mulai melakukan rapid tes kepada sejumlah pedagang yang ada di Kabupaten Pulang Pisau.

Demikian dikatakan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pulang Pisau selaku juru bicara (jubir) Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Pulpis, dr. Muliyanto Budihardjo, M.Hlth.Sc. di Posko Tanggap Darurat Covid-19 Pulang Pisau, Senin (01/06/2020).

“Rapid tes ini gratis, tadi ada tujuh orang pedagang ikan yang telah kami lakukan rapid tes di posko induk gugus tugas covid-19 Pulang Pisau,” kata Muliyanto.

Dijelaskannya, rapid tes gratis tersebut diperuntukkan bagi pedagang dengan KTP Pulang Pisau yang diyakini membantu ekonomi Pulang Pisau, dan beresiko terpapar virus corona karena mengambil barang dagangannya dari luar wilayah Kabupaten Pulang Pisau, misalnya ke Kapuas yang diketahui kasus covid nya tinggi.

“Disamping harus ber-KTP Kabupaten Pulang Pisau, pedagang tersebut juga harus bisa menunjukkan surat keterangan dari desa atau kelurahan asal domisilinya yang menyatakan bahwa yang bersangkutan memang benar pedagang,” jelasnya.

Pelayanan rapid tes untuk pedagang masih dilayani lagi besok (Selasa, 02 Juni 2020) mulai jam sembilan pagi hingga jam dua siang di Posko Induk Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, samping Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Pulang Pisau, Jalan WAD. Duha Komplek Perkantoran Rey IV Pulang Pisau.