Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Pulang Pisau, H. Edy Pratowo melalui jubir, dr. Muliyanto Budihardjo, mengatakan trend covid-19 Kabupaten Pulang Pisau meningkat, masyarakat diminta agar berhati-hati dan tetap mematuhi protokol kesehatan.

“Kita harus bersabar, tidak perlu takut tapi harus tetap waspada,” kata dr. Muliyanto di Posko GTPP Covid-19 Pulang Pisau, Jumat (12/06/2020).

Dijelaskannya, hari ini ada penambahan OTG sebanyak 12 orang sehingga total OTG menjadi 55 orang, sedangkan total OTG selesai pemantauan berjumlah 153 orang.

“Dua belas OTG hari ini merupakan hasil tracing dari kasus konfirmasi positif covid-19 asal Desa Tanjung Sangalang Kecamatan Kahayan Tengah,” ujar dr. Muliyanto.

Rencananya mereka akan segera di swab, namun menurut informasi yang diterima pihaknya, saat ini masih terjadi kepadatan pemeriksaan swab di laboratorium mikrobiologi RS Doris Sylvanus Palangka Raya.

“Selain peningkatan OTG, untuk PDP hari ini juga bertambah 3 orang, sehingga total PDP tetap 11 orang, PDP selesai pengawasan 3 orang, sedangkan total PDP selesai pengawasan 40 orang,” kata jubir gugus.

Penambahan PDP 3 orang tersebut berasal dari Kecamatan Kahayan Hilir 2 orang, yaitu Desa Anjir Pulang Pisau 1 orang, dan Kelurahan Pulang Pisau 1 orang, dan Kecamatan Maliku 1 orang dari Desa Tahai Jaya.

“Tiga orang PDP selesai pemantauan dari Desa Jabiren 1 orang dan Keluarahan Bereng 2 orang,” katanya.

Total positif covid-19 ada 12 orang, 5 orang diantaranya telah sembuh, 1 orang meninggal, dan 6 orang masih dalam perawatan di rumah sakit.

“Tiga orang dirawat di RSUD Pulang Pisau dan tiga orang lagi dirawat di RS Doris Sylvanus Palangka Raya,” pungkasnya.